Tutorial Cara Merakit Komputer Bagian 1

Setelah posting sebelumnya kita mengenal perangkat hardware dan software pada komputer pada posting kali ini saya akan membahas tentang Tutorial cara merakit komputer bagian 1. Tutorial ini berisi  cara merakit komputer PC atau desktop langkah-langkah demi langkah. yang tentunya saya sertakan gambar dari cara pemasangan hardware-nya. Merakit komputer sebenarnya tidak sulit tapi hanya memerlukan ketelitian dan pengetahuan tentang harware komputer seperti yang telah kita bahas sebelumnya.


Menjadi seorang teknisi komputer anda hanya perlu ketilitian dan kesayakinan tentunya dengan berbekal pengetahuan tentang harware komputer. Seperti halnya yang akan kita bahas berikut ini yaitu tentang perakitan komputer.

Komponen Penting pada komputer yaitu sebagai berikut:

1. CPU (Central Proccessing Unit) atau istilah lainnya dari Proccessor.

2. Mainboard / Motherboard / MOBO.

3. Ram (EDORam, SDRa, DDRam yang mana aja yang pasti cocok sama MOBO-nya)

4. VGA Card (jenis AGP atau PCI Express 16x yang pasti pas di pasang sama mobo yang lo pake sob...)

5. PSU (Power Supplay Unit), buat yang satu ini ente jangan nyepelein sob karena PSU berfungsi sebagai pengatur daya ke perangkat hardware di PC, so penting banget. makanya pake PSU yang watt-nya besar atau kalo bisa pake PSUyang Real Power or true power seperti thermaltake, taggan, silverstone dan merek PSUyang terkenal true power lainnya (iklan dikit).

Kalo ada salah satu perangkat komputer diatas yang bermasalah atau trouble maka biasanya komputer tidak dapat booting, Berikut adalah langkah- langkah cara merakit komputer dengan mudah. hardware yang kita akan gunakan adalah Intel Dual Core dengan ZIF Socket LGA .

Langkah pertama,  adalah pasang processor ke ZIF socket di mainboard jangan lupa buka dulu penguncinya baru pasang tuh CPU / Processor. setelah itu kunci lagi  dan pasang pendingin processor-nya (biasanya ini satu paket dengan proccesor ketika anda membeli processor)


Langkah ke-dua, pasangkan MOBO yang tadi ke kesing, jangan lupa untuk memasang penyanggah mainboard di kasing yang udah di sesuaikan dengan dudukan  mainboardnya.

Langkah ke-tiga, pasang Ram pada slot memory jangan lupa buka dulu pengunci Ram pada slot memory.

Langkah ke-empat, pasang VGA Card di slot AGP atau Slot PCI Express 16x, kalo ane pada saat membuat tutorial ini pake mobo yang slot untuk VGA PCI Express 16x.

Langkah Ke-empat, pasang Lan Card, Sound Card atau kartu Multimedia lainnya di slot PCI (walaupun kebanyakan mainboard sekarang dah Onboard semua untuk Lan Card dan Sound Card nya)

Langkah Ke-lima, pasang Front  Panel pada kasing ke mainboard, untuk indikator lampu hardisk, lampu power dan  speaker sebaiknya (-) / (+) jangan sampe tertukar. dan untuk USB pastikan kabel warna merah di pasang di pin 1 dan 2.

Langkah ke-enam, pasang Power konektor dari PSU ke Mainboard. kebetulan komputer yang saya gunakan menggunakan konektor 24Pin, meskipun untuk yang komputer Intel PIII atau Intel PIV yang lama masih menggunkan konektor 20Pin.

Selanjutnya silahkan pasang perangkat input/output di bagian belakang kasing (mouse, keyboard, monitor ke VGA Card, speaker ke Sound Card dan kabel power dari listrik utama ke PSU).

Sampai Disini Perakitan Komputer untuk Tahap Pertama sudah selesai, sebelum anda menyalakan komputer yang anda rakit barusan pastikan anda cek ulang tidak ada yang terlewat pemasanganya atau salah pasang. dan jangan lupa berdoa  supaya tidak meledak komputer nya hehehe ... kiding sob..

kalo anda sudah yakin dengan komputer yang anda rakit silahkan nyalakan komputer dengan menekan tombol power. jika tidak ada masalah  maka komputer akan nyala dan bunyi bip 1x di iringi dengan muncul tampilan pada layar monitor (kondisi ini disebut Booting, yaitu  dimana komputer memulai awalan dan menjalankan sistem BIOS). sampai dengan langkah ini kondisi komputer dalam keadaan normal dan perakitan bisa dikatakan berhasil atau sukses. nah jika kondisi ini tidak terjadi pada saat anda merakit atau terjadi permasalahan pada komputer yang anda rakit, ini akan kita bahas di "Tutorial Cara Praktis Merakit Komputer  bagian 2".  Semoga saya dipanjangkan umurnya untuk bisa membahas kelanjutan posting ini di lain kesempatan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa kasih LIKE atau share kalo anda menyukai posting ini. terima kasih