Top Ad unit 728 × 90

Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector di Notebook

Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector di Notebook


Bad sector adalah kerusakan pada harddisk dibagian platter atau piringan penyimpan data di harddisk. media penyimpan harddisk  memang rentan dengan kerusakan dan salah satunya adalah bed sector. kerusakan ini disebabkan karena :

  • Daya yang digunakan tidak stabil, tegangan turun-naik.
  • Komputer sering mati tanpa shoutdown atau listrik padam, akibatnya harddisk mati dalam kondisi tidak safe.
  • Sering di defrag, ini disebabkan proses defrag memerlukan kinerja harddisk dalam kondisi optimal jadi jika digunakan terus menerus dalam interval yang dekat maka harddisk akan panas dan aus dan lebih parahnya akan merusak komponen harddisk baik bagian luar harddisk (board harddisk) maupun bagian dalam harddisk (platter/piringan harddisk)
  • Terkena getaran atau benturan, ini mengakibatkan bagian dalam harddisk atau yang lebih detailnya di sebut "head" yang fungsinya untuk membaca data di platter.
Meskipun Harddisk di notebook sekarang sudah ada proteksi untuk getaran  atau "Anti Shock" tetapi fjika itu terjadi terus-menerus maka tetap saja akan berpengaruh terhadap komponen harddisk tersebut. Jika Ini terjadi pada anda maka ikuti langkah-langkah pada tutorial cara memperbaiki harddisk bad sector berikut ini:
  1. Siapkan Haren's boot cd, jika belum punya silahkan donlot disini 
  2. Masuk setting bios ubah "first boot" menjadi CD/DVD-Rom dan "second boot" pilih harddisk
  3. Jalankan haren's boot cd lalu pilih "Dos Boot CD" selanjutnya pilih "harddisk tools, dan pilih  HDD Regenerator. Selanjutnya lihat gambar dibawah ini.
Hiren's Boot CD

Perbaikan Harddisk Dengan Hiren's Boot CD



Hiren's Boot CD
Tampilan Hiren's Boot CD

Harddisk Bad Sector
Menu Hiren's Boot CD

repair Harddisk Bad Sector
Hiren's Boot CD Hdd Regenerator

Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector dengan Hdd Regenerator
Proses Hdd Regenerator Scaning and Repair

Jika selesai proses scaning atau mencapai 100% maka akan muncul laporan atau report keterangan berapa banyak (B) bad sector yang ada pada harddisk dan berapa banyak (R) bed sector yang bisa di perbaiki. Nah disini bisa anda lihat harddisk anda kerusakannya parah atau tidak dari banyaknya bad sector yang tidak bisa diperbaiki. karena bed sector itu ada 2 jenis yaitu:
  1. Bad sector fisik (tidak bisa di reovery atau tidak bisa diperbaiki)
  2. Bad Sector Non Fisik (bisa di recovery atau bisa diperbaiki)
Untuk harddisk yang bad sector fisik bisa di selamatkan dengan cara dicroping atau sebagian kapasitas yang terkena bad sector di potong. nah untuk cara ini saya akan bahas di posting selanjutnya. Semoga posting ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua...wasalam
Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector di Notebook Reviewed by Abdul Azis on 6/20/2013 Rating: 5
Post a Comment
All Rights Reserved by Top Komputer © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.