Tutorial Cara Merakit Komputer Bagian 2

Terima kasih bagi teman-teman yang telah mendoakan saya, karen berkat  doa teman-teman saya bisa kembali melanjutkan posting cara cepat merakit komputer bagian ke-2 ini. untuk pada posting ini saya akan menjelaskan cara pemasangan harddisk dan optical drive (yang menggunakan port IDE ataupun SATA). port IDE adalah port yang berfungsi untuk memasang harddisk dan optical drive seperti cd-rom, dvd-rom ataupun dvd-rw dan port ini kebanyakan di fungsikan mulai dari komputer intel mmx sampai sekarang. meskipun keberadaanya sekarang sudah mualai digantikan dengan port SATA yang jauh lebih cepat dan mudah pemasangannya.


perbedaan port sata dengan port ide selain dari performanya yaitu konfigurasi dan cara pasangnya pun berbeda, berikut penjelasannya:
- 1 port ide bisa di pasang 2 device, Port sata setiap port hanya bisa untuk satu alat
- Tiap device yang menggunakan port ide mempunyai konfigurasi jumper (terkecuali DOM , ini adalah media penyimpan yang didalamnya terdapat system operasi router Mikrotik), sedangkan untuk device yang menggunakan port sata tidak ada seting jumper.

konfigurasi untuk pemasangan harddisk dan optical drive pada port IDE
- Lihat manual seting jumper pada bagian bawah atau bagian atas hardisk, sedangkan untuk optical drive manual seting jumper ada pada bagian belakang .
- Jika pemasangan lebih dari satu device dalam satu port ide, seting jumper masing-masing harus berbeda.
- Untuk pemasangan kabel IDE pada port IDE di mainboard  lihat pada gambar berikut.
- Pemasangan kabel IDE pada harddisk dan optical drive bisa dilihat seperti gambar berikut ini:

selanjutnya untuk pemasangan harddisk dan optical drive yang menggunakan port SATA tidak ribet port IDE karena untuk port sata setiap satu port hanya untuk satu device, bisa cd-rom atau bisa juga harddisk dan tidak perlu setting jumper. untuk cara pemasanganya bisa dilihat pada gambar berikut ini

sekian tutorial cara mudah merakit komputer kali ini, selanjutnya anda tinggal mengecek harddisk dan optical drive anda pada setting bios, dengan menekan tombol [DEL] atau [F2] pada saat booting. semoga tutorial ini bisa bermanfaat, jangan lupa kasih likes pada tombol FB biar tutorial ini 
bisa lebih bermanfaat bagi orang lain bukan hanya diri anda. oke sampai jumpa di posting  selanjutnya .... wassalam